Rabu, 18 April 2012

MENGENAL PERANGKAT-PERANGKAT DARI WEBCAM


Mungkin Kita sudah mengenal dan melihat bentuk dari webcam ( kamera web ) serta kegunaannya yang biasa kita gunakan untuk video chat, video konferensi atau yang lainnya. Dengan adanya hardware ini, kita dapat berdiskusi lewat internet, tidak hanya kata-kata saja, kita bisa langsung tatap muka face to face dengan orang yang kita ajak berdiskusi. Pernah juga saya dengar bahwa adanya sekolah dimana siswanya tak perlu pergi ke sekolah, ia cukup nongkrong di depan komputer yang pastinya terhubung dengan internet, lalu proses belajar mengajar dapat langsung dilaksanakan lewat kamera web ini. Cukup praktis bukan, inilah keuntungan dari teknologi, memudahkan tugas-tugas manusia.

Cara pemasangan hardware ini pun mudah, layaknya pemasangan printer atau perangkat lain. Biasanya hardware ini sudah memakai USB sebagai penghubungnya dengan komputer, atau bagi kamu yang memiliki sebuah laptop yang terdapat pula webcamnya, cukup dengan menginstal driver-driver bawaan laptopnya. Setelah terpasang, install driver lalu ikuti saja langkah-langkah seperti menginstall biasa. Bila sudah selesai, jalankanlah dan creng-creng…..! Kamu sudah bisa melihat muka kamu yang cantik atau ganteng itu.

Untuk memaksimalkan kualitas dan penggunaan dari webcam, banyak sekali software-software webcam yang tersedia di Internet. Kamu cukup mengetikan beberapa kata di Om Google seperti “software webcam”, langsung Om Google menunjukan alamat untuk mendownload software-software tersebut. Software untuk webcam disebut juga dengan software webcam surveillance. Beberapa software web surveillance memiliki fitur-fitur yang dasar yaitu :

1.     Audio Capturing, dengan fitur ini webcam tidak hanya bisa menangkap gambar tetapi juga dapat menangkap suara. Jadi kita dapat berdiskusi face to face, gambar terlihat suarapun terdengar.

2.     Compressed file, fitur yang penting untuk menghemat ruang harddisk kamu, karena disini gambar akan dikecilkan ukurannya, tetapi yang bagus adalah bagaimana walaupun ukurannya dikecilkan, kualitas dari gambar dan suara tetap bagus dan ciamik.

3.     Remote Acces, dengan adanya fitur ini, kamu dapat mengakses webcam dimanapun kamu berada. Fitur ini biasanya digunakan untuk webcam keamanan tempat.

4.     Motion Detection, fitur yang keren bangat, kerena dengan fitur ini, setiap gerakan dari yang di dapat webcam tersimpan

5.     Alert Option, suatu fitur dimana apabila kamu menyettingnya dengan beberapa kondisi, maka si software ini akan memberitahu kamu tentang apa yang kamu setting sebelumnya. Misalnya seperti kamera keamana saja yang apabila ada sesuatu yang aneh maka akan memberikan peringatan-peringatan.

Dan banyak lagi fitur-fitur dari software webcam ini yang pastinya kedepan semakin bagus.

Kalau kamera IP itu apa??? Trus apa bedanya dengan webcam??? Kalau kamera IP sebenarnya sama dengan webcam namun sesuai dengan namanya kamera IP itu terpasang pada kabel jaringan. Webcam hanya dapat bekerja lewat computer namun kamera IP dapat berkerja tanpa adanya computer yaitu dengan memasangnya pada kebel jaringan yang terpasang internet. Kalau kamera IP sudah terhubung dengan internet, si kamera memiliki alamat IP sendiri sehingga dapat diakses langsung lewat internet. Keuntungannya adalah kamera dapat dipasang dengan jarak tak terhingga, sepanjang kabel jaringan yang ingin kamu pasang sedangkan webcam hanya terbatas oleh panjang kabel USB yang menyertainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar